Mangol Kencana Gunungkidul Jogja

mangol kencana gunungkidul jogja
Mangol Kencana (instagram.com/candradewa_)

Mangol Kencana adalah salah satu spot obyek wisata baru yang terletak di kawasan perbukitan Patuk Gunungkidul Jogja, di antara padukuhan Gluntung dan Sumbertetes Desa Patuk Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat GPS 7°50'16.5"S 110°29'20.6"E lihat peta. Lokasi Mangol Kencana berada di bukit atau dataran tinggi dimana dari tempat ini dapat melihat panorama atau pemandangan alam luas di sekitarnya atau kawsan yang berada di bawahnya. Bahkan jika cuaca cerah dapat menikmati pemandangan berlatar Gunung Merapi dan Merbabu dari kejauhan.

mangol kencana gunungkidul jogja
Mangol Kecana Gunungkidul Jogja (instagram.com/desydwiratnasari)

Lokasi Gardu Pandang Mangol Kencana juga dapat digunakan sebagai tempat melihat dan menikmati sunrise matahari tebit di pagi hari. Sedangkan jika malam hari dapat menikmati kerlap kerlip cahaya lampu kawasan di sekitarnya seperti halnya Bukit Bintang. Letak Gardu Pandang Mangol Kencana bahkan lebih tinggi dibanding Bukit Bintang atau yang dulu dikenal dengan sebutan Bukit Hargodumilah.


Nama Mangol Kencana berasal dari keberadaan Watu Mangol di tempat ini yang berarti batu yang menonjol (muncul) ke atas dari batu lainnya. Juga terdapat Watu Kandang karena tempat ini dulu dimanfaatkan sebagai kandang lembu. Kemudian muncul nama Mangol Kencana yang diartikan dari tempat yang awalnya terdapat sebuah batu yang menonjol diharapkan menjadi tambang “emas” atau kencana bagi pendapatan dan perekonomian warga sekitar setelah dikelola menjadi tempat wisata yang berkembang. Beberapa tempat dari kawasan ini juga banyak pohon durian yang merupakan salah satu buah unggulan khas Patuk. Jika sedang musim durian, Anda dapat melihat indahnya pemandangan dari Gardu Pandang Mangol Kecana sambil menikmati buah durian asli Patuk Gunungkidul yang terkenal lezat.

Rute Alamat Lokasi Gardu Pandang Mangol Kencana Gunungkidul dari Jogja :
Jogja – Jalan Wonosari – Piyungan – Bukit Bintang – Perempatan timur Radio GCD FM belok kiri menuju arah Ngoro-oro atau Gunung Api Purba Nglanggeran – setelah jarak 1,1 km ada papan menuju Mangol Kencana ke arah kiri sekitar 400 meter.

Peta Lokasi Mangol Kencana Gunungkidul Jogja
Lihat Peta Lokasi Mangol Kencana Gunungkidul Yogyakarta skala besar
Bagikan :
 
Copyright © 2016. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger