Gunung Kendil Wisata Tirta Gunungkidul

gunung kendil

Wisata Gunung Kendil terletak di Padukuhan (Dusun) Ponjong, Desa Ponjong, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Koordinat GPS: S7°58'47" E110°43'14" (lihat peta). Disebut juga sebagai Taman Kyai Moyo karena lokasi Gunung Kendil pertama kali dibuka dan dikelola oleh Mbah Moyo Retno. Terdapat sebuah sumber mata air melimpah yang keluar dari batu besar di atas bukit.

mata air gunung kendil
Mata Air Gunung Kendil Gunungkidul

Kawasan Gunung Kendil dulu merupakan perbukitan atau gunung batu dengan banyak ditumbuhi pojon jati. Orang mungkin tidak akan mengira bahwa di atas bukit berbatu ini terdapat mata air yang debitnya luar biasa besar. Sekitar tahun 2008, dengan tetap teguh dan yakin akan kuasa Tuhan Yang Maha Esa, Mbah Moyo Retno melakukan pengeboran, bukan di tempat yang biasa tetapi di sebuah batu besar. Pengeboran dilakukan sampai kedalaman sekitar 72 meter hanya menggunakan satu mata bor hingga berhasil mengeluarkan air yang ada di dalam tanah. Tepat di batu besar itulah air mengalir deras yang dialirkan keluar dengan pipa pralon untuk dimanfaatkan warga dan pendatang yang membutuhkan. Pancuran air juga dimanfaatkan untuk terapi kesehatan. Air Gunung Kendil bisa langsung diminum dan menjadi sarana penyembuhan penyakit karena mengandung mineral tinggi dan biomagnetik. Hal ini didukung oleh hasil pengujian laboratorium yang menyatakan air bersih Gunung Kendil sangat layak untuk dikomsumsi sebagai air minum.

prasasti di batu Gunung Kendil Gunungkidul

Di batu besar sekaligus tempat keluarnya mata air Gunung Kendil ada ukiran batu bertuliskan "Bismillahhirrohmaanirrohiim, Milik Allah Semua Yang Ada di Langit dan Bumi Kemana Saja Kamu Menghadap Di Situ Wajah Allah ..dst", seolah menegaskan tempat ini bukan tempat perdukunan, tapi semua yang ada adalah kuasa Tuhan Yang Maha Esa. Ada 1 kolam renang ukuran kecil untuk anak-anak di sebelah timur sumber air atau selatan Pendopo. Sedangkan 2 kolam renang untuk remaja dan dewasa di sebelah Barat dan Utara Pendopo. Gunung Kendil merupakan salah satu obyek wisata Gunungkidul yang unik, bisa digolongkan wisata tirta karena terdapat sumber air yang melimpah beserta sarana kolam renang. Termasuk juga  wisata religi dan wisata rohani karena terdapat pondok pesantren dan masjid untuk beribadah atau memperdalam ilmu agama serta manfaat air untuk terapi penyembuhan penyakit. Pengunjung  juga bisa medapatkan ARDO, air minum Gunung Kendil yang telah disterilkan agar lebih hiegenis sekaligus telah dikemas dalam botol.

peta gunung kendil
Peta Gunung Kendil Gunungkidul Yogyakarta

Lokasi wisata Gunung Kendil bisa dicapai dari Yogyakarta dengan rute berikut:
Jogja » Piyungan » Patuk » Sambipitu » Rest Area Bunder » Lanud TNI AU Gading » Siyono » Alun Alun Wonosari » Selang » Wiladeg » Karang Mojo » Ponjong » Kantor Kecamatan Ponjong ke Timur » Pertigaan ke kanan » Perempatan ke kiri 200 meter » Wisata Gunung Kendil

Peta Lokasi Gunung Kendil Gunungkidul

Lihat Peta Lokasi Gunung Kendil Gunungkidul Yogyakarta skala besar.
Bagikan :
 
Copyright © 2016. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger